Friday, July 23, 2010

bersyukur

denger-denger lagi banyak orang yang lupa cara tersenyum.. hmm, ada apa gerangan?

syukuri apa yang ada
hidup adalah anugrah
tetap jalani hidup ini
melakukan yang terbaik

tahu dong yah penggalan lirik lagu di atas? yupz, jangan coba-coba mendengarnya langsung dari gw. ngomong aja fals.. xP

terlepas dari fals atau tidak, ada sebuah pertanyaan, "sudahkah kita bersyukur?" hmm, tampaknya masih banyak dari kita yang tidak bersyukur. koq gitu? berdasarkan sebuah penelitian dari seorang profesor (dari negeri antah berantah), ada 2 hal kenapa kita tidak bersyukur. apakah itu? mau tahu? maaf tempenya sudah habis. :hammer: sebenarnya ini gw ambil dari bahan ceramah sholat tarawih tahun lalu, ya kalo kebetulan ustadnya udah profesor baguslah itu. kalo belum ya mari kita doakan bersama biar ilmunya ga kalah sama profesor-profesor itu. paling tidak bisa jadi profesor kehidupan.. :ngeles:

oke, kembali ke topik (kalo kembali ke laptop udah jadi punyanya om tukul).. kenapa kita tidak bersyukur?

pertama, kita tidak tahu caranya..
ada cara mudah untuk tahu cara bersyukur. coba pikirkan (kalo perlu ditulis) apa yang kalian miliki dari ujung rambut sampai ujung kaki.. pikirin deh tuh, terus ditulis deh tuh satu-satu. misal: baju gw bagus, celana gw mantep, sepatu gw baru, gigi gw kinclong, mata gw menggoda, wajah gw mengalihkan dunia (gw banget ga sih nih? xP), gw bisa makan kenyang, gw bisa tidur di kasur empuk, dan lain-lain yang tentunya masih sangat buanyaak sekali. coba bandingkan sama teman-teman kita yang kurang beruntung. terkadang mereka lebih bersyukur..

sekarang coba pikirkan (lagi-lagi, kalo perlu ditulis) hal-hal yang sudah kalian dapat tanpa harus mengusahakannya. misal: orang tua yang baik, sahabat yang selalu mengingatkan kebaikan, atau mungkin punya pacar yang caem (ditulis juga ga nih? haha), dan lain-lainnya. coba bayangkan berapa banyak anak yang terlahir tanpa orang tuanya. bahkan mungkin sebagian dari mereka "dibuang". terkadang mereka lebih bersyukur. anak-anak itu percaya masih banyak orang-orang yang menyayangi mereka. dan akhirnya mereka akan memberikan senyuman terbaik kepada orang-orang itu.. :)
dari sekian banyak yang udah dipikirin itu (ato mungkin udah ditulis), ternyata banyak kan nikmat yang udah dikasih? :triing-lampu-bohlam-di-atas-kepala:

terus apalagi, kenapa koq kita tidak bersyukur?

kedua, minder. merasa punya banyak kekurangan dibanding orang lain. misal: IPK dia gede, IPK gw kecil (berbau-bau curhat nih). atau mungkin tuh orang bisa makan beling, gw ga bisa, payah banget gw (dont try this at home). dan lain-lainnya yang lagi-lagi masih buanyaak. percayalah kawan, kita punya kelebihan masing-masing. kita akan bersyukur telah memiliki kelebihan itu..

itulah tadi 2 hal yang membuat kita terkadang tidak bersyukur. mantapz yee? mantapz doong.. xD

terus-terus (terus belok kiri, di perempatan nanya tukang ojek aja), apa yang harus dilakukan ketika bersyukur?
  1. ucapkan alhamdulillah
  2. sumbangkan harta benda ke jalan yang benar. sedekahkan atau dizakatkan. nraktir temennya sekali-kali juga boleh. apalagi kalo nraktir yang punya blog. gw doain banyak rezekinya dah! xD
  3. melakukan amalan-amalan ibadah
yah demikian tulisan ini dibuat ala kadarnya. semoga tidak menggurui dan tidak bermaksud untuk menggurui karena gw juga masih belajar. oiya, tulisan-tulisan yang di dalam kurung itu rata-rata ga terlalu penting untuk dibaca, jadi bisa di-skip aja. hoho.. selamat membaca (ini mah udah dibaca). yang penting tetap berikan senyum ikhlas dari dalam hati.. asek-asek xD

2 comments:

chinciaw said...

Kok gw bacanya bukan merenung ya den?? Malah banyak haha hihi nya.. Hehehehe.. Tapi baguuus looh.. (pujian nih).. :):):)

yang-punya-blog said...

ga boleh ngakak.. harus direnungkan.. ckckck.. ga habis pikir ini sama anak muda zaman sekarang.. *geleng2* *ajeb2*