Tuesday, July 27, 2010

belajar lagi.. belajar lagi..

sedikit tips bagaimana cara belajar yang baik dan benar agar dapat meraih nilai yang memuaskan dan tentu saja dapat membanggakan orang tua demi masa depan yang cerah dan gemilang (coba baca dalam satu tarikan nafas). sebenernya tips ini pernah gw tulis di salah satu blog (blog jg bukan sih itu namanya?) terkemuka di dunia. namun, seiring dengan berjalannya waktu perlu ada sedikit revisi agar sesuai dengan kondisi pergaulan zaman sekarang. biar tetep eksis gitu, ga kuper apalagi ketinggalan zaman. oke, langsung saja berikut merupakan tips-tipsnya:
  1. pertama, kita harus niat dulu nih. masalah nanti bakal dijalankan atau tidak, itu bisa diaturlah. yang penting niat dulu. kalo niat aja belum, bagaimana mau menjalankan? betul ga? betul dong. yaudah sih betul aja! jangan menghancurkan mimpi anak kecil lah (mimpi-mimpi gw). lanjut.. niatkan dalam diri bahwa kita pengen banget buat mendapat ilmu baru yang bermanfaat dan harus yakin bahwa kita BISA!! orang lain bisa, kenapa kita ga? teguhkan hati, bulatkan tekat!! SEMANGKAAAAAAAA!!
  2. setelah niat, dan memang benar-benar niat, buatlah jadwal kegiatan sehari-hari. kapan waktu belajar, waktu nonton pilem, waktu begaul, waktu ngetwit, waktu fesbukan, dan waktu-waktu lainnya. buat sedetail mungkin sampai ke detik-detiknya. ingat! harus proporsional, jangan sampai kebanyakan waktu maennya atau malah kebanyakan waktu belajarnya. lebih-lebih kalo waktu mandinya bisa sampai 6 jam, sedangkan waktu tidurnya cuman 1 jam. itu mah tidur di kamar mandi kali yak? yah.. pokoknya jangan kebanyakan belajar mulu, bisa anget itu nanti kepala. satu lagi, usahakan buat menepati jadwal yang sudah dibuat.
  3. baca berulang-ulang buku yang lagi dipelajari sampai benar-benar paham. tak ada gunanya tuh hafal-menghafal, yang harus dilakukan adalah memahami isi, kandungan, makna yang ada di dalam buku itu. (ini kata siapa sih?)
  4. buat adik-adik sekolahan yang takut sama mafia (matematika, fisika, kimia) ada langkah jitu buat menghadapi mereka. yaitu pelajari gerakan-gerakan silat cimande. ya ga laah.. yang benar kalian harus sering mengerjakan soal-soal sebanyak mungkin. itu bisa bikin lo pede (percaya diri, bukan percaya dia) buat menghadapi soal-soal gampang macam itu. *belagumode:on* makan tuh soal!! hauhauhauhauha..
  5. kalo udah mulai jenuh membaca atau mengerjakan soal, lo bisa membuat ringkasan-ringkasan kecil yang bisa ditulis dalam sebuah notebook kecil. nah.. notebook itu yang bisa lo tenteng-tenteng dibawa pergi selalu. ke mall, ke taman, ke sekolah, ke kampus, dan tempat-tempat asik lainnya. ketika ada waktu kosong, bisa dibaca deh notebooknya. lebih simpel kan ketimbang bawa buku yang tebelnya lebih tebel dari batu bata? bukunya disimpen aja dulu, dibawa kalo lewat daerah-daerah yang banyak anjingnya (buat nimpuk anjing). dont try this.
  6. last but not least (gw masih bertanya-tanya ini artinya apa sih?), jangan pernah malu bertanya! lo bisa tuh tanya ke kakek, nenek, papa, mama, paman, bibi, pak dhe, bu dhe, kakak, adik, dan orang-orang yang tak bisa saya sebutkan satu per satu. kalian sungguh berarti dalam kehidupan saya, tanpa kalian saya tidak ada apa-apanya. ahh.. mulai ga jelas lagi. lanjuut.. tanya sama babang-babang bakso atau gorengan juga tak masalah. jangan remehkan mereka, yang penting kan jawabannya nyambung dan bisa memperkaya khasanah ilmu pengetahuan kita.
sepertinya itu saja tips-tips yang bisa gw kasih tentang masalah belajar yang baik dan benar. semoga bisa memberikan manfaat buat teman-teman sekalian yang lagi sibuk-sibuknya ingin menggapai cita-cita. tapi percayalah kawan, sepertinya gw belum pernah mengaplikasikan tips-tips di atas.. :krik-krik:

2 comments:

monologuemaroon said...

baca berulang-ulang buku yang lagi dipelajari sampai benar-benar paham
>> kalo males baca gimana donk?
buatlah jadwal kegiatan sehari-hari. kapan waktu belajar, waktu nonton pilem, waktu begaul, waktu ngetwit, waktu fesbukan, dan waktu-waktu lainnya.>> kalo udah di buat, taunya ga bs dilaksanain gmna donk?

yang-punya-blog said...

makanya gw belum pernah mengaplikasikan tips2 di atas.. xP