Wednesday, January 26, 2011

bioskop

alooo.. balik lagi bersama gw disini. lumayan lama juga nih gak eksis nulis lagi di blog. kira-kira ngalahin rekor ga pulangnya bang toyyib gak yah? okelah kalau begitu, mari kita rayakan kembalinya gw disini dengan tulisan yang ringan-ringan namun tetap menarik (menurut gw).

tadi sore baru aja nonton film faster di salah satu bioskop terkemuka di kawasan jakarta selatan. faster disini bukan film tentang bulpen yah, bahkan itu bulpen sama sekali gak muncul di dalam film. yang maen dwayne 'the rock' johnson sebagai bintang utamanya. filmnya lumayan bagus, ceritanya tentang driver, cop, dan killer. karena judul artikel ini adalah bioskop, jadi gw gak ngelanjutin buat ngebahas film ini. silahkan diinterpretasikan sendiri, kalau perlu langsung ditonton filmnya.

bioskop.. pasti kalian yang tinggal di kota-kota besar kenal sama tempat yang satu ini. percaya gak kalo ternyata beberapa bioskop di berbagai negara punya beberapa keunikan tersendiri. contohnya adalah subtitlenya bakal ngikutin bahasa ibu dari negara itu. gak mungkin kan kalo bioskop di arab sono pake subtitle indonesia? tentu tidak.. begitu pula di thailand, pasti pake subtitle thailand. :p selain tentang masalah subtitle ternyata ada keunikan-keunikan lainnya. mari kita tinjau di 3 negara berikut:

mesir
di negara ini bioskopnya gak banyak. bahkan di ibukotanya aja bisa dihitung pake jari bioskopnya ada dimana aja, mengingat jumlah mall yang ada juga gak banyak-banyak banget. yaa ini sih berdasarkan pengamatan bertahun-tahun yang lalu, gak tahu deh kalo sekarang. tapi yang menarik dari bioskop di mesir adalah film akan berhenti di tengah-tengah pemutaran. waktu pertama kali nonton, gw sempet bingung, koq ini film endingnya gak asik banget yah (waktu itu nonton film the day after tomorrow). sudah buru-buru ngeluarin sumpah serapah buat film itu gara-gara ceritanya ngegantung. ternyata eh ternyata, setelah mendapatkan penjelasan dari temen-temen yang waktu itu nonton bareng gw, ada sesi istirahat untuk para penonton sekalian. jadi bukan karena filmnya udah selesai, tapi karena emang filmnya diistirahatkan sejenak. ngasih kesempatan buat penonton yang kebelet pipis atau penonton yang keabisan popcorn buat beli dulu. menarik bukan? tapi dugaan gw sih, teknologi yang dipake masih teknologi vcd, jd operatornya harus ganti cd dulu makanya ada sesi istirahat.. *krik krik krik*

thailand
hmm.. kalo disini bioskopnya lebih menarik lagi. biasanya kan sebelum film yang pengen kita tonton diputar, bakal ada trailer-trailer dari film-film terbaru atau mungkin ada iklan-iklan titipan dari berbagai pihak. nah, kalo di thailand sebelum nonton film, semua penonton akan berdiri. seriously, semuanya berdiri. tahu gak apa yang diputar sebelum film dipertontonkan? sebuah film singkat tentang raja thailand. menarik kan? usut punya usut, hal itu dilakukan untuk menghormati raja mereka dan karena sangking cintanya rakyat thailand dengan raja mereka. filmnya gak jauh bedalah sama iklan-iklan masa kampanye pemilu. sang raja yang sedang panen padi, kunjungan-kunjungannya bersama rakyat, dan lain-lain. pokoknya begitulah.. hal ini sih berdasarkan pantauan 5 tahun yang lalu, gak tahu deh sekarang tradisi ini masih bertahan atau tidak. kebayang gak, kalo di indonesia hal ini diimplementasikan. haha..

indonesia
jangan ditanya masalah bioskop di indonesia khususnya di jakarta, seabreg-abreg buanyaknya. dalam satu komplek mall bisa ada 3 gedung bioskop dengan 4 sampai 5 theater. gw rasa bioskop dah jadi sesuatu yang wajib ada di dalam sebuah mall. apa yah yang menarik? hmm.. bagi orang jakarta pasti punya cerita menarik sendiri waktu nonton bioskop disini. jadi, gw ga perlu lagi nyeritain panjang lebar kali yah.. (ngeles, dah malem dah mau tidur)

yak, demikianlah sekelumit cerita tentang bioskop dari berbagai negara yang berbeda. semoga menjadi inspirasi bagi kalian semua untuk mampir ke bioskop-bioskop lain di seluruh penjuru negeri.. hahaha.. agak-agak gak penting juga nih..

No comments: